Ketua PKK Kecamatan Cisoka Paparkan Program Kerja

0
10

Penabanten.comTangerang, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang mewadahi partisipasi masyarakat dalam bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
Dalam penyelenggaraan gerakan PKK dibentuk Tim Penggerak PKK ( TP PKK) mulai dari tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota, tingkat kecamatan, tingkat desa/kelurahan hingga kelompok-kelompok PKK Lingkungan/dusun/kejaroan, kelompok PKK RW, kelompok PKK RT dan dasawisma.

Dalam upaya mentransformasikan kebijakan kelembagaanndan program, TP PKK Kecamatan Cisoka mengumpulkan seluruh pengurus dan kader TP PKK Kecamatan dan ketua serta sekretaris TP PKK desa se-Kecamatan Cisoka pada hari Sabtu (28/01/2023) di Lembang, Bandung Barat.

Ketua TP PKK Kecamatan Cisoka, Ny.Riswi Garsini mengatakan bahwa sebagai sebuah gerakan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, TP PKK memiliki program pokok yang harus dilaksanakan oleh seluruh pengurus dan kader PKK semua tingkat, mulai pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan hingga kelompok dasawisma di setiap RT.

“Ada 10 program pokok PKK, yaitu program penghayatan dan pengamalan pancasila, program gotong royong, program pangan, program sandang, program perumahan dan tatalaksana rumah tangga, program pendidikan dan keterampilan, program kesehatan, program pengembangan kehidupan berkoperasi, program kelestarian lingkungan hidup, dan program perencanaan sehat,” ujar Riswi

Lebih lanjut istri Camat Cisoka ini menjelaskan bahwa masing-masing program pokok PKK dijabarkan lagi, yakni: KESATU, program pokok penghayatan dan pengamalan pancasila, dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan karakter keluarga melalui pola asuh anak dan remaja, pembinaan keluarga sadar hukum, pembinaan kesadaran bela negara, pembinaan penyalahgunaan narkoba, pembinaan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, dan pembinaan pencegahan kekerasan seksual . KEDUA, Program pokok gotong royong, dilaksanakan dengan cara menumbuhkan sikap kesetiakawanan sosial, memberdayakan kelompok lanjut usia, dan berperan serta dalam kegiatan bakti sosial.
KETIGA, program pokok pangan, dapat dilaksanakan antara lain dengan pemenuhan kebutuhan pangan melalui halaman asri teratur indah dan nyaman atau HATINYA PKK, keanekaragaman konsumsi pangan, mengonsumsi makanan yang beragam bergizi seimbang dan aman, serta penyediaan makanan tambahan.
KEEMPAT , program pokok sandang, dilaksanakan dengan membudayakan perilaku berbusana sesuai moral budaya indonesia dan mengembangkan pola pendampingan kepada usaha sedang kecil mikro.
KELIMA, program pokok perumahan dan tatalaksana rumah tangga, dilaksanakan dengan melakukan pembinaan pemanfaatan sumberdaya energi dan teknologi tepat guna, pembinaan rumah sehat layak huni, peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tatalaksana rumah tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga.
KEENAM, program pokok pendidikan dan keterampilan, dilaksanakan melalui pembinaan wajib belajar, peningkatan keterampilan dan pendidikan, fasilitasi kelompok belajar kesetaraan, dan peningkatan kapasitas pelatih dan kader PKK.
KETUJUH, program pokok pendidikan dan keterampilan, dilaksanakan dengan cara menggerakkan keluarga dalam berperilaku hidup bersih dan sehat, pembinaan dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, pembinaan keluarga sadar gizi, pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan, serta pelaksanaan imunisasi pencegahan penyakit.
KEDELAPAN, program pokok pengembangan kehidupan berkoperasi , dilaksanakan dengan cara usaha peningkatan pendapatan keluarga ( UP2K) dan mengembangkan kreatifitas umkm berbasis teknologi informasi.
KESEMBILAN, program pokok kelestarian hidup, dilaksanakan melalui pembinaan keluarga dalam memelihara dan menjaga lingkungan bersih dan sehat , juga dengan melestarikan lingkungan hidup.
KESEPULUH, porogram perencanaan sehat, dilaksanan melalui kegiatan pembinaan keluarga berencana ( KB) menuju keluarga berkualitas, dan melalui perencanaan keuangan untuk kehidupan keluarga sehat.

“Tim penggerak PKK memiliki empat kelompok kerja atau pokja, yaitu pokja I sebagai pengelola program pokok penghayatan dan pengamalan psncasila serta program pokok gotong royong. Pokja II sebagai pengelola program pokok pendidiksn dan keterampilan serta program pokok pengembangan kehidupan berkoperasi. Pokja III sebagai pengelola program pokok pangan, program pokok sandang serta program pokok perumahan dan tatalaksana rumah tangga. Terakhir pokja IV sebagai pengelola program pokok kesehatan, program pokok kelestarian lingkungan hidup serta program pokok perencanaan sehay,” pungkas Riswi.

Tinggalkan Balasan