Al Muktabar Dinilai Tepat Jadi PJ Banten

0
4

Penabanten.comBanten, Nama Al Muktabar Sekda Provinsi Banten menguat menjadi penjabat Gubernur Banten dimenit terakhir jelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Banten Wahidin Halim pada 12 Mei 2022 mendatang, Almuktabar yang sempat dinonaktifkan pada awal Agustus tahun 2021lalu dan kembali diaktifkan pada pada 25 Februari 2022 tersebut menjadi kuda hitam diantara sekian nama calon kandidat pj Gubernur Banten yang muncul.

” Beliau Al Muktabar sangat cocok untuk menjadi PJ Gubernur Banten, karena di ASN yang berpengalaman dan mengetahui permasalahan Banten,”kata tokoh muda Banten asal Kabupaten Tangerang Retno Juarno.

Retno mengatakan, Nama Al Muktabar menguat sebagai calon Pj Gubernur Banten dalam deretan spekaulasi nama disebabkan jabatan Sekda Banten merupakan eselon 1 atau merupakan jabatan pimpin tinggi (JPT) Madya. JPT Madya merupakan persyaratan bagi calon Pj Gubernur sesuai UU No.10 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Saya rasa wajar saja Al Muktabar masuk radar sebagai Pj Gubernur Banten, karena sebagai birokrat dia dinilai tepat dan mengetahui medan, dan kultur Banten,”kata Retno.

Retno menambahkan setidaknya ada tiga poin yang harus dimiliki sosok Pj Banten diantaranya Pertama, Pj diharapkan memahami kultur masyarakat Banten, Kedua, memahami peta masalah di Banten. Ketiga, memahami geo politi dan sosial di Banten.

“Sehingga ketika seorang Pj mulai bekerja, ia sudah mendapatkan dukungan dari seluruh stackholder, sehingga agenda pembangunan tidak berhenti dan bisa terus berlanjut dengan lebih baik,” terang Retno.

Pj Gubernur Banten kata Retno itu kerja utamanya berbasis administrasi, layanan publik serta tata kelola pemerintahan.

“Kalau persyaratan yang sesuai aturan perundang-undangan itu tentu harus dipenuhi, tetapi 3 persoalan di atas juga harus menjadi perhatian,” katanya.( Riska/Amru)

Tinggalkan Balasan