Ikatan keluarga Minangkabau Se-Riau Resmi Dikukuhkan

0
255

Penabanten.com, Jakarta – Ikatan keluarga Minangkabau (IKM) adalah organisasi perantau Minang wadah pemersatu seluruh perantau Minang didalam negeri maupun luar negri.
Organisasi perantau Minang ini merangkul seluruh perantau yang juga tergabung di organisasi kesukuan nagari kecamatan dan kabupaten yang berada di seluruh perantauan. IKM lahir dan bermitra dengan pemerintahan.

Ketua umum nya yang juga seorang Tokoh Nasional politisi yang peduli dan cinta dengan budaya Minang beliau Dr.H. Fadli Zon. S.S., MSc.
Mengatakan organisasi ini perantau Minang atau IKM ini mampu menyentuh masyarakat dari pusat wilayah daerah bahkan sampai ke kecamatan dan kelurahan sudah terbentuk secara struktural.

Tidak hanya itu IKM juga terbentuk diluar negri untuk perantau Minang yang berada di negara luar sangat antusias bergabung dengan wadah IKM. Yang sudah terbentuk di Malaysia Belanda Amerika serikat Australia dan beberapa perwakilan negara lain perantau Minang menghubungi langsung Fadli Zon untuk dibentuk dan dikukuhkan , Setiap kunjungan kerja keluar negri Fadli Zon sesempatnya bertemu dengan perantau Minang.

Begitu juga dengan masyarakat Minang di Riau ini, sudah lama dijadwalkan untuk melantik pengurus IKM di Riau sebelum nya terkendala covid-19 hingga baru pada hari ini tanggal Sabtu 25 Februari 2023 di Duri, Bengkalis Riau. Antusias pengurus dan perantau Minang menyambut kedatangan Fadli Zon dipersiapkan jauh jauh hari.

Ketua Pelaksana Wirno Sanjoyo. ST. Tumangguang, Mengatakan kami menyiapkan acara yang sangat spektakuler, kami buat dengan tema ‘Dipacik Arek diganggam Taguah, Dima Bumi dipijak disinan Langik dijunjuang Mampakuaik Pasak nan Lungga Basamo Mangko nyo bisa’.
Menyambut kedatangan ketua umum IKM Fadli Zon dengan pengawalan satgas mengantisipasi dan menjaga tertib nya acara, menyungguh kan kesenian tradisional Minang serta acara dibuat dilapangan agar bisa menampung pengurus IKM SE-RIAU dan rombongan yang akan dilantik, kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Acara berlangsung sangat meriah dihadiri oleh gubernur Riau gubernur Sumbar Kapolda Riau Kapolres Bengkalis diwakili kepala daerah lain nya walikota Bukittinggi tokoh masyarakat Minang yang juga anggota DPR -RI bapak H. Arsyadjuliandi Rachman serta para tokoh adat Melayu LAMR dan perwakilan ketua Paguyuban ormas se-provinsi Riau.

Salah satu inisiator penggerak persiapan pelantikan Ir.Indra Verniza Dt.Mangiang yang juga ketua DPC Mandau mengatakan kami optimis untuk mengembangkan IKM SE-RIAU dengan sinergi nya kepengurusan dari DPP DPW DPD dan DPC serta Bundo Kandung yang dilantik dan dikukuhkan, dan bahkan beliau juga siap menjadikan DPC Mandau sebagai percontohan tata kelola organisasi yang lebih profesional dan dirasakan oleh seluruh anggota IKM.

Sementara itu ketua DPW terpilih H.Suharmansyah.SH. M.H. dengan semangat dan tekadnya sebagai ketua akan mengembangkan IKM SE-RIAU melengkapi DPD di kabupaten kota diRiau ini sesuai tuntunan Ad Art IKM. Suharmansyah optimis bisa mengembangakan IKM diRiau yang sehari hari bergelut didunia hukum , optimis nya seorang Lawyer.

Dari pusat DPP IKM hadir mendampingi ketua umum Fadli Zon yang melantik langsung. Dampingi sekjen DPP IKM Ir.Nefri Hendri.MT. memberikan arahan untuk acara sakral nya pengukuhan untuk masing masing ketua ketua DPC DPD dan DPW untuk prosesi pelantikan sampai pengibaran bendera pataka IKM. Ikut mendampingi dari departemen OKK Mel Sofyan. Mukti Ali.SH., M.Kn. Yan Firwan dan Andrizal koto.

Mukti Ali.SH., M.Kn Pengurus DPP IKM departemen OKK yang juga berprofesi seorang Lawyer itu memberikan pemahaman mengenai dasar dan tata kelola serta pengembangan organisasi itu nanti akan bersinergi dengan Biro OKK di DPW dan bidang OKK di DPD untuk terus mengembangkan IKM dikabupaten/ kota dan kecamatan kecamatan yang ada di Riau , Apresiasi atas sukses nya acara ucapan selamat terus mengalir baik dari ucapan karanga bunga media sosial dan grup grup WhatsApp. tutup Mukti.

Tinggalkan Balasan