Dibuka Kapolda Banten, Ribuan Pengunjung Padati Festival Budaya dan Bazar Bhayangkara

0
15

Penabanten.com, Serang – Usai Kapolda Banten, IJP Prof. Dr. Rudy Hariyanto Adi Nugroho memberi sambutan pembuka, ribuan pengunjung langsung memadati Festival Budaya Kearifan Lokal dan Bazar (FBKLB) “Hari Bhayangkara 2023” di Alun-alun Barat Kota Serang, Senin (26/6/23) malam.

“POLRI mau ikut berperan menghidup-hidupkan terus kebanggaan identitas budaya yang membawa kearifan setempat pada kehidupan masyarakat Banten”, kata Dirpamobvit Polda Banten, KBP Edy Sumardi, S.I.K, M.H. selaku Ketua Panitia Acara kepada media.

Edy Sumardi yang didampingi Kabid Humas, KBP Didik lebih lanjut mengatakan, pihaknya lewat Bazar juga mau ikut serta membangkitkan perekonomian rakyat yang baru jauh mereda dari serbuan pandemi Covid-19 sejak 2020.

“Menandai Hari Bhayangkara 2023, semoga festival dan bazar tahun ini akan kembali menggairahkan kehidupan masyarakat dalam berbudaya dan kehidupan berekonomi,” harap Edy.

Menyambut kegiatan yang akan berlangsung dua hari itu, Kapolda Banten dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Bhayangkara Ke-77 tahun 2023. “Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Polda Banten menggelar Festival dan Bazar untuk mengangkat budaya kearifan lokal Provinsi Banten serta membantu meningkatkan sekaligus memperkenalkan sejumlah UMKM yang ada di Provinsi Banten,” kata Rudy pada Senin (26/06).

Rudy menyampaikan melalui kegiatan ini harapannya Polda Banten terus menjalin hubungan baik, berinteraksi dan hadir ditengah-tengah masyarakat. “Diadakannya bazar dan pameran merupakan wujud kepedulian Polda Banten terhadap pelaku UMKM sehingga mampu mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di wilayah provinsi Banten, pameran ini juga sebagai sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat dengan mengahadirkan peralatan taktis dan prasarana yang digunakan personel Polda Banten dalam bertugas,” ucapnya.

Tampak hadir dalam pembukaan, antara lain Pj. Gubernur Banten Al-Muktabar, Danrem 064/MY, Forkopimda Provinsi Banten, dan Kota Serang serta di hadiri Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Banten.

Selain itu, juga tampak tenggelam dalam kesemarakan pesta rakyat malam itu, Kapolda Banten pendahulu seperti Brigjen Pol (P) Rumiah K, S.Pd, Brigjen Pol (Pol) Drs. M. Zulkarain, serta para rektor perguruan tinggi, alim ulama dan sejumlah pendekar Banten.

Pada pembukaan, tampil memukau para peserta festival dengan menunjukkan kebolehan masing-masing. Mereka itu, antara lain dari seni golok Banten, tarian, silat dan debus.

Tampak menyertai para asuhannya, tokoh pencak silat dari perguruan TTKDH H. Wahyu, H. Arif (DPP TTKBI Banten), Ketua Umum Pendekar Banten, Ketua Persilatan Cimande, DPW PPSI, Bandrong, dan Jalak Banten Nusantara.

Juga, yang ramai dijejali pengunjung, terutama dari kalangan muda, yaitu 46 stan Pameran yang terdiri atas stand Polri, UMKM Bhayangkara, Golok Banten, UMKM Binaan Disperindag, Bank BRI, dan stand pedagang kalangan umum.

Bazar dibuka siang dan malam. Pada malam hari akan berlangsung sampai pukul 22.00 WIB. (Bidhum)

Tinggalkan Balasan