Tak Masuk PKPT,Inspektorat Prioritaskan Periksa Desa Sidamukti

0
54

penabanten.com, Pandeglang – Inspektur Inspektorat melalui Inspektur Pembantu 1, A Taufik Y bersama timnya telah menerima audensi dari Aktivis Jaringan Aspirasi Masyarakat Peduli (JAM-P) Banten, pada pukul 10.00 Wib, Kamis 5 Oktober 2023.

Menurut keterangan A. taufik bahwa Desa Sidamukti belum dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat sehingga pihaknya belum bisa memberikan informasi atau temuan terkait desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang Banten.

Sebab menurut Irban 1 itu, di tahun 2023 ini pihak Inspektorat lebih fokus pada Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) terhadap Kepala desa yang masa jabatannya habis di tahun ini.

“ Tahun ini, kita sedang fokus pada PKPT yakni terkait 108 desa yang masa jabatannya berakhir tahun ini, terlebih Inspektorat kurang tenaga kerja dan minimnya biaya Ofrasional,”kata Taufik di ruang kerjanya.

Namun pihaknya berjanji dalam waktu dekat ini akan menindaklanjuti informasi yang sudah diberikan oleh JAM-P Banten dan desa Sidamukti juga akan menjadi prioritas pemeriksaan Inspektorat Pandeglang.

“ Dalam waktu dekat ini, kami dari Inspektorat akan turun untuk melakukan pemeriksaan atau audit ke Desa Sidamukti meski tak masuk PKPT, tapi kami akan prioritaskan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Presidium JAM-P Banten, N Sujana Akbar, menegaskan bahwa pihak Inspektorat tak perlu beralasan karena kurangnya tenaga kerja dan minimnya anggaran ofrasional, karena menurut Sujana menjadi pejabat di Inspektorat sudah menjadi konsekuensi dan harus profesional dalam menjalankan tugas.

“ Saya heran Inspektorat beralasan kurangnya tenaga kerja dan minimnya anggaran, artinya ini gak beres dengan Pemda Pandeglang, pantas aja temuan -temuan di beberapa sektor tidak terpantau atau terperiksa oleh Inspektorat, bukan Inspektorat memiliki tugas pengawasan, pemeriksaan dan pembinaan,” kata Sujana.

Selanjutnya kata Sujana, dirinya bersama timnya mengaku kecawa atas apa yang sudah disampaikan oleh pihak Inspektorat Pandeglang, sebab kedatangannya ke Inspektorat untuk mengsingkronkan antara temuannya dengan hasil yang ada di Inspektorat.

“ Jujur kami mentah kami datang ke sini untuk penambahan bahan temuan karena besok kami mau mengadukan atau laporan ke pihak Kejaksaan Pandeglang,” tegasnya

Tinggalkan Balasan