RSUD Balaraja Optimalkan Budaya Kerja untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan

0
12

Penabanten.comTangerang – Budaya kerja merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Demikian diungkapkan Wakil Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUD Balaraja dr. H. Ismoyo Priyadi Moestopo dalam kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Budaya Kerja bagi Kepala Ruangan dan Kepala Unit di Lingkungan RSUD Balaraja.

“Kami ingin menyosialisasikan budaya kerja ASN sekaligus menggali potensi dan kendala serta ide-ide guna terwujudnya budaya kerja di lingkungan RSUD Balaraja,” ungkap Ismoyo.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Edaran Kemenpan-RB No. 20 Tahun 2021 bahwa core values (nilai-nilai dasar) ASN yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”.

“Harapannya kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal perbaikan budaya kerja sehingga dapat memperbaiki mutu pelayanan kepada masyarakat di lingkungan RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang,” harapnya.

RSUD Balaraja selama ini telah menerapkan kebijakan penghargaan bagi pegawai yang dinilai baik dan sebaliknya memberikan sanksi tegas bagi pegawai yang melanggar aturan.

Sementara itu, Kepala Seksi Penunjang Non Medik RSUD Balaraja, dr. Aang Sunarto, menuturkan para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dan semangat.

“Para pegawai selama ini sudah menerapkan budaya kerja yang baik namun untuk memperkuat nilai-nilai budaya kerja, pegawai masih memerlukan motivasi, salah satunya dengan adanya reward and punishment,” ucap Aang yang juga Ketua Tim Agen Perubahan Reformasi Birokrasi.

Dia juga mengatakan kerja sama tim dan pengawasan dari pimpinan langsung serta peran agent perubahan (Agent of Change) juga diperlukan dalam membentuk budaya kerja itu sendiri.

“Nantinya juga ada penambahan Tim Agen Perubahan yang meliputi seluruh Kepala Ruangan dan beberapa orang pelaksana yang dinilai sudah menjalankan budaya kerja dengan baik, sehingga dapat menjadi role model bagi pegawai lainnya,” tuturnya.

(Diskominfo Kabupaten Tangerang/Riska)

Tinggalkan Balasan