PMI Kecamatan Jawilan Melaksanakan Pelatihan BHD

0
33

Penabanten.com, Jawilan Serang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Jawilan berklaborisasi dengan Puskesmas Jawilan untuk penguatan dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan melalui pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Aula Puskesmas Jawilan Jalan Harendong-Pamarayan Desa Jawilan Kecamatan Jawilan Serang. Minggu (17-1-2021)

Pelatihan BHD yang diikuti oleh 30 peserta yaitu Pengurus PMI Kec. Jawilan, Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kab. Serang dan Pegawai Puskesmas. Mengutamakan dalam melakukan Pertolongan Pertama (PP) pada korban kecelakaan dan Sejarah PMI berdiri di Indonesia sejak tahun 1947.

Hj. Imas Migiarti Pengurus PMI Jawilan dengan jabatan Ketua Bidang II : Pelayanan Kesehatan, Sosial dan Rumah Sakit, juga selaku Kepala Puskesmas. mensinkronisasikan antara kebutuhan pengurus PMI dengan Puskesmas. maka terlaksana kegiatan BHD ini. ungkap Hj. Imas

Kegiatan ini diutamakan pada teori dan simulasi Pertolongan Pertama (PP) bagi korban kecelakaan ringan dan sedang. adapun mentor atau narasumber kami mengundang Hj. Ita Supiani Kepala UPT BHD On The Job Tranning (OJT) Public Safety Center (PSC) 119 berikut team Kabupaten Serang dan PMI Kabupaten Serang Try Bagus narasumber tentang sejarah PMI di Indonesia. Jelas Hj. Imas

Hj. Imas menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja jangka pendek pengurus PMI Kecamatan Jawilan.

Hj. Ita Supiani Kepala UPT BHD OJT PSC 119 menyambut baik klaborisasi yang digagas oleh PMI Jawilan Khususnya untuk berkerjasama dalam bidang berbagi Ilmu dan pengalaman. Karena PSC 119 baru berdiri di Kabupaten Serang kurang lebih 2 tahun. Dan Kami sudah tidak meragukan lagi terhadap PMI dalam hal penanganan bencana dan Skiil. Oleh karena itu tentu saling mendukung dan membutuhkan. Kami dari PSC 119 memang sudah menunggu senergisitas dengan PMI. Alhamdulillah awal yang baik ini menjadi pondamental kita dalam membangun kerjasama karena misi kita sama bergerak dalam hal membantu dan menolong kemanusiaan dikala terjadi bencana ataupun tidak. tegas Hj. Ita.

Haris Zikri Ketua PMI Jawilan, merasa ada perbedaan yang sangat signifikan di pengurusan masa bakti 2020-2025 karena belum genap 3 bulan kepengurusan sekarang sudah merancang program kerja sekaligus di realisasikan.

Haris selaku ketua memberikan keluasan kepada jajaran pengurus untuk berinovasi membuat gagasan atau ide-ide untuk mengembangkan PMI Jawilan.

Sejak di tetapkan kepengurusan ini, Ketua Bidang I, Anton Sumaryanto yang membidangi Organisasi Penanggulangan Bencana, anggota & Relawan telah melakukan perekrutan relawan Sibat, pembentukan dewan kehormatan semua sedang berproses.

Sehingga timbul kompetisi positif anata ketua bidang I dan II beserta pengurus, bulan Februari sudah disiapkan program pengecekan golongan darah di 3 Desa Pasir Buyut, Parakan dan Majasari, pada awal 3 maret 2021 pengurus PMI melaksanakan 150 peserta donor darah.

Semua dapat terrealisasi dengan baik berkat kerjasama, ke kompakan dan profesional dalam berkerja.
pada kwartal pertama program kami sudah terrencana dengan baik, cepat, tepat dan terukur.

Kami sangat mengapresiasi keterlibatan Camat H. Agus Saepudin selaku pelindung mendukung sepenuhnya terhadap program kerja PMI aebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan Kecamatan Jawilan. Tegas Haris.

H. Agus sebagai Pelindung tentu akan mensupport kegiatan pengurus PMI dalam programnya yang terrencana dengan matang. sebagaimana kegiatan hari sangat perlu untuk dimiliki oleh relawan PMI, bagaimana mungkin kita mau menyelamatkan orang kalau kita sendiri tidak mengusai Ilmunya, oleh karenanya jangan sampai kita sebagai tenaga penolong malah menjadi yang ditolong.

Saya selalu sampaikan kepada seluruh pengurus PMI untuk memiliki Ilmu atau Skiil dan banyak belajar sehingga jadilah relawan yang profesional, Ikhlas tanpa harus membedakan. tetap semangat bekerja dengan ikhlas, pekerjaan relawan adalah investasi akhirat. Imbuh H. Agus

Penulis : Haris Ranau

Tinggalkan Balasan