Meningkatkan Kualitas SDM Dan Daya saing Ekonomi Menuju Cilegon Baru Dan Bermartabat

0
3

Penabanten.com, Cilegon- Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Cilegon menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Cilegon yang bertempat di salah satu hotel di Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Senin (05-04-2021).

Musyawarah Rencana Pembangunan ini dihadiri oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta dan Pj Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin dengan tema meningkatkan kualitas SDM dan daya saing ekonomi menuju Kota Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam sambutannya menjelaskan bahwa Musrenbang ini sebagai satu titik tahapan menuju Pembangunan Kota Cilegon Baru,Modern dan Bermartabat.

Musrenbang ini sebagai satu titik tahapan menuju Kota Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat dengan prioritas pembangunan Cilegon 2022, maka tugas pemerintah adalah menjamin pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat melalui berbagai intervensi program dan pembangunan dan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Cilegon, maka akses terhadap seluruh sumber daya yang ada harus kita fasilitasi, baik itu akses dalam pelayanan pemerintah, akses terhadap permodalan, akses terhadap tenaga kerja, akses terhadap sarana dan prasana perdagangan dan aktivitas ekonomi secara luas,” katanya.

Lebih lanjut, Helldy mengungkapkan bahwa semua akses akan difasilitasi melalui pembangunan yang menjadi arah kebijakan.

Seluruh akses tersebut akan kami fasilitasi melalui pembangunan yang menjadi arah kebijakan pada dokumen RKPD pada tahun 2022 yakni pemerataan kesejahteran masyarakat, peningkatan layanan pemerintahan, layanan peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan kualitas pembangunan dan kualitas hidup masyarakat, kelima prioritas tersebut dirangkum dalam tema RKPD Kota Cilegon tahun 2022 yaitu meningkatkan kualitas sumber daya dan daya saing ekonomi menuju cilegon baru, modern dan bermartabat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Helldy juga mengharapkan bahwa makna dari tema yang diangkat dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.

Makna dari tema tersebut dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas yang akan mendukung cilegon menuju cilegon kota yang tidak akan kalah bersaing dengan daerah lain, tidak mudah dalam pencapaian tersebut namun tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Untuk itu kami mengajak seluruh pemangku kepentingan yang ada dalam acara ini untuk bersama-sama berpasrtisipasi baik dalam bentuk rekomendasi, saran dan kritik,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Cilegon, Beatrie Noviana menjelaskan bahwa musrenbang ini perwujudan dari peraturan perundang-undangan.

Musrenbang ini perwujudan dari peraturan undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional nomor 23 tentang pemerintah daerah yang merupakan rangkaian tahapan penyusunan, perencanaan pembangunan tahunan sebelum rumusan perancangan akhir RKPD, maksud dan tujuan dari penyelenggaraan dari musyawarah ini adalah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan dari perencanaan pembangunan daerah RKPD 2022 dalam penyelesaian issue strategis permasalahan pembangunan dan sekaligus ruang dalam penyampaian aspirasi yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat yang kemudian dijadikan perbaikan bahan RKPD Kota Cilegon Tahun 2022, tukasnya.

ALi

Tinggalkan Balasan