Diduga Bagikan Kalender Paslon Presiden 01 Pendamping PKH Di Kabupaten Pandeglang Tidak Netral

0
659

Penabanten.com, Pandeglang – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pandeglang, diduga membagikan Kalender Tahun 2019 bergambar Paslon Presiden No urut 01 Jokowi ma’ruf Amin kepada masing masing KPM PKH diwilayahnya. Hal itu nampak, pada fhoto yang beredar dari masing-masing pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) se Kabupaten Pandeglang, yang menunjukan para KPM memegang kalender Paslon 01.

Menurut informasi, kalender tahun 2019 tersebut, dikirim oleh Kementrian Sosial RI Dirjen Perlindungan Dan Jaminan Sosial Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, dengan surat No : 353/LJS.JSK.TU/03/2019, tentang Pendistribusian Media Cetak Sosialisasi PKH, yang didistribusikan kepada masing-masing Dinsos Provinsi, Dinsos Kabupaten atau Kota, yang langsung menugaskan kepada masing masing Kordinator Regional (Koreg), Kordinator Wilayah (Korwil), Kordinator Kabupaten/Kota (Korkab/Korkot), dan langsung kepada Pendamping di masing-masing wilayah.

Menanggapi hal itu, Kadinsos Kabupaten Pandeglang Dra. Hj. Tati Suwagiharti, MM, membenarkan adanya pendistribusian Media Cetak Sosialisasi PKH, berupa kalender 2019, Senin, (25/03/19), ketika dijumpai diruangannya.

“Jadi pada Media Cetak Sosialisasi PKH itu, ada program program yang berkaitan dengan PKH yang di sosialisasikan kepada KPM. Dan pendistribusian nya ada suratnya segala macem dari Direktur, dan di distribusikan kepada sekretariat PKH,” jelasnya.

Yang perlu diketahui, sosialisasi itu tidak harus selalu face to face, lanjutnya, bersosialisasi juga bisa melalui media. Media cetak inilah mungkin yang dianggap sebagai cara yang tepat.

Baca Juga : SUTM Di Kecamatan Bojong Di Soalkan, Mahasiswa Dan Masyarakat Akan Demo Kantor PLN

“Seperti saya contohnya, sering melakukan sosialisasi melalui siaran radio atau media lainnya, mungkin dengan cara ini, dianggap cara sosialisasi yang tepat,” tambahnya.

Disinggung adanya dugaan pendamping PKH mengarahkan KPM kepada Paslon Presiden No 01, Kadinsos mengatakan itu mungkin sah sah saja, karena mungkin itu individu masing masing pendamping. Dirinya mengaku tidak pernah menginstruksikan kepada anak anak pendamping untuk memilih ke ini ke itu.

“Silahkan tanya saja sama anak-anak. Bukannya saya munafik, saya tidak pernah menyuruh, boleh ditanya,” jawabnya.

Hal senada dikatakan oleh Kordinator Kabupaten (Korkab) Pandeglang, Sulaeman Apandi, dirinya mengakui adanya kalender yang di distribusikan oleh pendamping ke KPM PKH, tapi menurutnya, itu bukan kalender Paslon Presiden 01 melainkan kalender sosialisasi PKH atau Media Cetak Sosialisasi PKH Tahun 2019.

“Kalender tersebut, dikirim langsung dari Kementrian RI, melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Direktorat Jaminan Sosial. Sementara, pendamping PKH bertugas untuk mendistribusikan kepada masing masing KPM di wilayahnya,” ujarnya.

Hal itu, sesuai pada point 6 pada Surat Pendistribusian Media Cetak Sosialisasi PKH, lanjutnya, pendamping hanya bertugas untuk mendistribusikan saja, tidak lebih.

Karena pada surat pendistribusian itu, jelas sekali tugas masing masingnya. Dari mulai Kordinator Regional (Koreg), Korwil, Korkab atau Korkot, hingga terakhir para Pendamping.

“Jadi pendamping hanya melaksanakan tugasnya saja,” ujarnya. (M4n).

Tinggalkan Balasan