Sekda Penataan Desa Sangat Penting Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

0
6

Penabanten.com – Tangerang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penataan Desa. Bertempat di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. FGD tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa DPMPD Provinsi Banten, Haerudin serta para ketua APDESI Kecamatan Se-Kabupaten Tangerang. Selasa (07/05/2024).

Dalam sambutannya, Sekda menjelaskan, desa memiliki peran yang sangat strategis sebagai pusat aktivitas masyarakat maupun sebagai tulang punggung ekonomi suatu wilayah. Oleh karena itu penataan desa yang efektif dan efisien menjadi hal yang krusial untuk meningkatkan perekonomian serta kualitas hidup masyarakat.

“Penataan desa ini menjadi sebuah langkah penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa serta mendorong perkembangan ekonomi dan sosial,” ucapnya.

Lanjut dia, penataan desa juga merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah yang memerlukan Komunikasi dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga masyarakat desa itu sendiri. Ia pun berharap, kegiatan ini dapat menjadi ajang diskusi yang konstruktif serta menghasilkan solusi yang efektif untuk penataan desa yang lebih baik di Kabupaten Tangerang.

“Melalui FGD ini, kita memiliki kesempatan untuk berbagi pandangan, pengalaman, dan pengetahuan dalam upaya penataan desa. Penting bagi kita untuk mendengarkan masukan dari berbagai pihak, terutama dari para kepala desa yang paling memahami kondisi dan kebutuhan desa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang, Yayat Rohiman dalam paparannya menyampaikan, Pemerintah Desa merupakan unit terdepan (ujung tombak) dalam pelayanan kepada masyarakat menjadi tonggak strategis untuk keberhasilan semua program. Menurut dia, dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan desa, penataann desa memerlukan upaya-upaya aktualisasi nilai yang terkandung dalam otonomi daerah sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Upaya untuk memperkuat Desa (Pemerintahan Desa dan Lembaga kemasyarakatan) merupakan langkah mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan Otonomi Daerah, tuturnya.

Lanjut dia, peran para kepala desa dan perangkat desa sangat penting dan menentukan dalam upaya menggerakkan masyarakat dalam melaksanakan program-program penataan di desa. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk terus menguatkan berkolaborasi dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan.

“Diharapkan dengan adanya FGD ini dapat menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik. Sehingga nantinya mampu menjalankan fungsi pemerintahan desa secara lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan