Rapim Kodam III/Siliwangi Digelar di Wilayah Teritorial Korem 064/MY

0
34

Penabanten.com, Serang – Kodam III/Siliwangi menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam TA 2023. Rapim ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Rapim TNI AD yang telah diselenggarakan pada tanggal 10 Februari 2023 lalu.

Rapim dibuka langsung oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam kegiatan yang digelar di Hotel Mambruk, Anyer yang terletak di wilayah teritorial Korem 064/Maulana Yusuf, Rabu 1 Maret 2023.

Rapim yang dilaksanakan secara rutin pada setiap awal tahun ini, bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam III/Siliwangi pada TA 2022 serta mendengar penjelasan dari setiap staf tentang garis besar Program Kerja dan Anggaran Kodam III/Siliwangi TA 2023.

Rapim ini juga sekaligus untuk menjabarkan dan menindaklanjuti pokok-pokok kebijakan Pimpinan Angkatan Darat Tahun 2023, selanjutnya untuk menjabarkan sesuai kondisi yang berkembang di wilayah Kodam III Siliwangi.

Dalam amanatnya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul mengatakan dalam kegiatan Rapim ini, akan disampaikan pokok-pokok kebijakan untuk dijadikan acuan serta pedoman dalam mengoptimalkan tugas, utamanya dalam merealisasikan Program Kerja dan Anggaran TA 2023.

Selain itu, kegiatan ini sekaligus sebagai forum diskusi bagi para pimpinan jajaran Kodam III/Siliwangi tentang evaluasi, kebijakan dan hal-hal lainnya yang terkait pelaksanaan tugas di tahun 2023.

“Sehingga dapat menghasilkan solusi terhadap setiap permasalahan melalui tindakan nyata secara mendalam guna keberhasilan tugas ke depan,” jelasnya.

Adapun “Prajurit Kodam III/Siliwangi Patriot NKRI yang Profesional Siap mendukung Pembangunan Nasional” merupakan tema pada Rapim Kodam III/Siliwangi kali ini.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menjelaskan dalam implementasinya, membangun prajurit Kodam III/Siliwangi yang profesional, saat ini sesungguhnya bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus diwujudkan dalam berbagai aspek dan stratanya.

Hal tersebut menurut Pangdam III/Siliwangi perlu menjadi perhatian mengingat tantangan tugas sekarang dan ke depan jelas semakin dinamis dan kompleks, seiring dengan perkembangan dan perubahan lingkungan strategis, baik pada lingkup nasional, regional maupun global.

Selain itu, Jenderal Bintang dua ini meminta prajurit Kodam III/Siliwangi untuk memperkuat kemanunggalan Kodam III/Siliwangi dengan rakyat. Hal itu lantaran Ia meyakini TNI AD bisa hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat serta dapat memberikan solusi kepada masyarakat untuk keluar dari berbagai kesulitan yang dihadapi.

“Spirit ini hendaknya menjadi semangat dalam tugas keseharian kita, bahwa dekat dan dicintai serta manunggal dengan rakyat adalah kunci terbaik dalam pencapaian keberhasilan tugas Kodam III/Siliwangi dimanapun berada dan bertugas, terlebih lagi di wilayah kita di Jawa Barat dan Banten,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan untuk membangun prajurit Kodam III/ Siliwangi sesuai yang diharapkan, maka dirinya memerintahkan agar para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi terus meningkatkan profesionalisme prajurit dan segera melakukan program aksi yang lebih inovatif dan penuh kreasi, membangun kualitas prajurit dan satuannya yang adaptif dengan perkembangan jaman serta perubahan lingkungan strategis.

“Kita semua berharap dengan kualitas prajurit dan satuan yang semakin baik, maka Kinerja Kodam III/Siliwangi di tahun 2023 dapat meningkat dan mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan berhasil dan sesuai target, dengan tingkat progresivitas yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya dalam menghadapi tantangan tugas di tahun politik pada 2024 nanti,” terangnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna mengaku bersyukur kegiatan Rapim hari ini telah selesai. Ia menyebut luasnya wilayah Kodam III/Siliwangi membuat jajaran pejabat Kodam III/Siliwangi memilih pelaksanaan kegiatan Rapim tersebut diadakan di wilayah Korem 064/MY.

“Kodam III/Siliwangi ini milik Jawa Barat dan Banten. Kenapa bertempat di hotel Mambruk di Anyer ini bukan di Bandung karena wilayah Kodam III/Siliwangi luas dan provinsi Banten ada di dalamnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Tatang Subarna mengaku siap menjalankan kebijakan-kebijakan, langkah-langkah taktis dan teknis ke depan.

“Alhamdulillah semua berjalan baik dan kami dengan izin Allah Insya Allah siap melaksanakan berbagai kebijakan yang dirumuskan, kami siap menjadi patriot NKRI yang profesional dan kami mendukung Pembangunan Nasional,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan