Pemkab Tangerang Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ

0
6

Penabanten.com-  Tangerang,- Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang menggelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tingkat Kabupaten Tangerang, Selasa (07/05/2024).

Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter dan budaya keselamatan berlalu lintas.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Pemkab Tangerang untuk meningkatkan kesadaran pelajar menggali potensinya sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Tentunya melalui kegiatan ini kami ingin meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas serta meningkatkan pemahaman perilaku keselamatan berlalu lintas di jalan bagi para generasi muda khususnya para pelajar,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, saat ini tingkat kesadaran keselamatan berkendara di masyarakat masih menjadi perhatian khusus, maka dari itu pemerintah ingin menanamkan kesadaran keselamatan berlalu lintas sejak dini melihat masih ditemukannya angka kecelakaan dengan korban mayoritas rentan usia produktif khususnya pada pelajar dan mahasiswa.

“Pada kegiatan ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang melibatkan unsur kepolisian dari Polda Banten, Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Badan Nasional Sertifikasi Profesi Transportasi sebagai dewan juri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keselamatan pada Dishub Kabupaten Tangerang, Surachman menyampaikan, pada pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas ini diikuti oleh 12 siswa/i Sekolah Tingkat Lanjutan Atas yang berasal dari SMA, SMK, dan MAN di Wilayah Kabupaten Tangerang. Dari jumlah itu kemudian diseleksi menjadi 3 peserta terbaik.

Tiga peserta terbaik itu nantinya akan diikutsertakan dalam ajang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Tingkat Provinsi Banten.

Adapun tiga peserta terpilih dalam ajang ini adalah, Peringkat 1 diraih oleh peserta atas nama Naura Rabitha Arisandi dari SMAN 28 Kab. Tangerang, Peringkat 2 diraih oleh Zaskia Lugyana Ardani berasal dari SMAN 4 Kab. Tangerang, sedangkan untuk Peringkat 3 atas nama Muhammad Nurul Fathir dari SMAN 4 Kab. Tangerang.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap keselamatan dan kesadaran berlalu lintas dalam kehidupan sehari–hari, dan menumbuh kembangkan pengetahuan khususnya di kalangan pelajar, serta menyebarluaskan informasi tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di media sosial sehingga dapat dijadikan salah satu upaya dalam menyemarakkan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan