Pemkab Tangerang Canangkan Grebek Posyandu Serentak

0
6

Penabanten.com – Tangerang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melakukan pencanangan Grebek Posyandu yang merupakan bagian dari program Gebrak Tegas untuk akselerasi menekan angka stunting di Kabupaten Tangerang.

Pencanangan Grebek Posyandu yang digelar serentak di 29 kecamatan dan di titik-titik Posyandu di 29 Kecamatan dimulai secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony di Posyandu Bougenville Desa Margasari Kecamatan Tigaraksa. Senin, (3/6/24).

Dalam pencanangan tersebut Pj Andi Ony mengatakan Pemkab Tangerang secara serentak melaksanakan kegiatan Grebek Posyandu sebagai salah satu bagian dari program Gebrak Tegas yang sudah dicanangkan untuk mengatasi stunting melalui gerakan bersama.

“Semua masyarakat terlibat dalam rangka mengatasi stunting dan salah satu bagian dari Gebrak Tegas yaitu Grebek Posyandu dimana semua anak-anak balita yang ada di suatu wilayah itu dibawa untuk dicek, baik itu ibu hamil dan anak-anak balitanya, apakah mereka mengalami stunting atau kurang gizi,”ungkap Pj Andi Ony

Ia menjelaskan Grebek Posyandu ini merupakan program serentak yang dicanangkan di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut bertujuan antara lain untuk melakukan pendataan dan pengecekan secara komprehensif dan menyeluruh terhadap kondisi balita, anak-anak dan ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi stunting.

“Jadi apabila ada yang tidak datang, kita lakukan jemput bole ke rumah masing-masing. Jadi semua tidak luput dari pendataan dari petugas dan teknis di lapangan bagaimana peran RT, RW-nya melakukan inovasi,” jelasnya

Ia menandaskan, saat ini anak-anak perlu terus didorong dan dicerdaskan. Mereka semua adalah masa depan bangsa dan calon-calon pemimpin bangsa 20 tahun mendatang. Untuk itu, semua pihak harus terlibat untuk mendukung dan berjuang bersama mencetak generasi emas bangsa dalam melanjutkan tingkat estafet pembangunan bangsa.

“Anak-anak saat ini adalah masa depan bangsa dan calon-calon pemimpin bangsa 20 tahun mendatang. Untuk itu, semua pihak harus terlibat untuk mendukung dan berjuang bersama mencetak generasi emas bangsa untuk melanjutkan tingkat estafet pembangunan bangsa,” tandasnya

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid dalam laporannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tangerang menetapkan pelaksanakan Grebek Posyandu di Kabupaten Tangerang dimulai secara serentak pada tanggal 3 Juni 2024 dengan jumlah sasaran 284.085 anak balita di 2.352 posyandu.

“Kegiatan ini dilaksanakan bersama, berbagai pihak terkait, selain pemerintah yaitu dengan PKK, kader Posyandu, rumah sakit, swasta dan stakeholder lainnya yang semuanya sudah siap di lapangan untuk suksesnya grebek posyandu,” tuturnya

Dia berharap dengan komitmen, sinergitas dan kolaborasi semua unsur, kegiatan Grebek Posyandu yang dilaksanakan dapat membuahkan hasil maksimal dalam rangka penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Dengan satu tekad, sinergitas dan kolaborasi semua unsur, harapan kita semua kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Tangerang,” harapnya.

(Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Tangerang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here