Nggak Punya Waktu Buat Olahraga? Coba Berendam dengan Air Hangat

0
358

Penabanten.com – Berendam tidak hanya membantu untuk rileksasi dan menghilangkan stres saja. Penelitian baru menunjukkan berendam dengan air hangat memiliki manfaat yang sama dengan satu kali sesi olahraga.

Peneliti dari Inggris mengungkap berendam lama di air hangat dapat mengontrol kadar gula darah yang sama dengan berolahraga. Temuan ini tentu sangat membantu bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga rutin setiap harinya.

“Studi ini menunjukkan berendam mirip dengan latihan. Satu sesi berendam mungkin tidak menunjukkan hasil secara langsung untuk kebugaran atau kesehatan namun jika dilakukan dengan rutin, efeknya akan muncul,” kata Christof Leicht, dosen fisiologi olahraga di Loughborough University, dikutip dari Healthline.

Satu sesi yang dimaksudkan dalam studi ini adalah berendam selama 45 menit dengan suhu 27-39 derajat celcius. Selain mengontrol kadar gula darah, berendam di air hangat juga bisa mengurangi peradangan dan membantu tidur lebih nyenyak.

Namun Leicht menambahkan, berendam tidak menggantikan efek positif dari olahraga seperti interaksi sosial dan manfaat psikologis lainnya yang tidak didapatkan ketika hanya duduk di dalam pemandian.

“Kami tidak menyarankan untuk mengganti sesi latihan dengan mandi air hangat, karena olahraga memiliki banyak efek positif yang telah terbuktikan. Beberapa di antaranya tidak mungkin tercapai ketika mandi di rumah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan