Memperingati Hari Bela Negara Camat Cisoka “Bela Negara Adalah Kehormatan”

0
28

Penabanten.comCisoka, Kabupaten Tangerang, Hari Bela Negara diperingati tiap tanggal 19 Desember. Hari Bela Negara berlatar sejarah peristiwa agresi militer Belanda ke-2 dan terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1948. PDRI berkedudukan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Pendirinya Syafroedin Prawiranegara. Tujuannya untuk mengisi kekosongan pemerintahan . Saat itu Belanda melakukan agresi ke-2 untuk menguasai ibu kota negara Republik Indonesia, yaitu Yogyakarta. Keadaan tersebut membuat Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta memberikan mandat kepada Syafroedin untuk membentuk pemerintahan darurat.

Untuk memperingati peristiwa bersejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan tersebut , pemerintah menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara melalui Keputusan Presiden ( Keppres) nomor 20 tahun 2006.

Tahun 2022 ini bangsa Indonesia memperingati Hari Bela Negara yang ke-74 dengan mengkat tema “Bangkit bela negaraku, jaya Indonesiaku !” dan untuk tingkat Kabupaten Tangerang dilaksanakan pada hari ini Senin (19/12/2022) di Lapangan Maulana Yudha Negara di Tigaraksa.

Menurut Camat Cisoka, Encep Sahayat, bahwa Bela Negara merupakan sikap, perilaku dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara. Nilai-nilai inilah yang harus diimplementasikan,” pungkas Encep.

Tinggalkan Balasan