Masyarakat Jabung, Gelar Pestival Budaya Margho Sekappung Libo 2019

0
654

Penabanten.com, Lampting – Antusias warga masyarakat Jabung dalam acara pestival budaya marga sekappung libo cukup meriah dan sukses, pelaksanakan acara yang di buka langsung oleh camat jabung Hendri gunawan,so.s ini mengundang detak kagum dari berbagai elemen masyarakat umum maupun adat, pemerintah daerah lampung timur dan pemerhati adat serta budaya di Lampung tengah mengapresiasi, stigmatisasi negative tentang Kecamatan Jabung, Senin 17/06/2019.

Sebelumnya para pestival di laksanakan seminar tentang tata titi adat di marga sekapung libo,
Dalam keberhasil itu di bentuk struktur adat di marga sekampung libo dengan mengundang berbagai elemen masyarakat , tokoh adat, tokoh agama masyarakat lied adat dari berbagai desa negara batin, jabung negara saka Asahan dan bungkuk .hadir juga para aktivis media dan pembina ikam jabung sai hasan basri SE. penulis naskah seniman asal jabung Abdulah Ali Yang sepakat untuk mempertahankan adat dan budaya peningalan leluhur sejak dulu kala

“Selain menggelar acara karnaval yang di selenggarakan setiap tahun, dengan tujuan kita ingin mempertahankan adat di jabung agar anak-anak muda sekarang tau kita masyarakat Jabung juga puya sejarah, maka demikian mari kita bersama sama bersinergi dalam menjaga dan merawat nya sampai kapan pun” dan ini menjadi ikon budaya lokal marga sekapung libo ,bukan bertujuan ingin menganti atau merubah adat istiadat yang ada, tegas moderator Abu Bakar Spd.MM pada awak media.

Baca Juga : Desa Negara Saka Jadi Juara Di Festival Pemilih Pemula

Suksesnya acara tersebut berkat kerja bersama berbagai pihak dengan koordinasi yang solit antara pemerintah kecamatan jabung dan seluruh masyarakat kecamatan jabung dan sanggar kumango putih .karang taruna dan ormas ikam jabung sai (IJS)

HERI JOHAN ,ST.MM Selaku ketua IJS sangat mengharap kan Acara ini ini bisa di laksanakan di tahun berikut nya dan menjadi acuan agar kecamatan jabung bisa di perhitungkan dalam kancah seni budaya dan marga sekampung libo bisa di munculkan ke permukan dan menjadikan budaya permersatu Bangsa. tegas nya”

Di ketahui sebelumnya, Acara ini juga di hadiri Plt bupati lampung saipul buchori timur Kapolsek dan ramil jabung dan tamu undangan dari berbagai lembaga termasuk dari keratuan melinting keratuan Lampung yang tergabung dalam pembinanan dari kepaksian pak skal brak.

Alahmdullah acara sukses tepat selesai makan siang pd pukul 13:00 WIB di lakasanakan pawai ngarak kelililing di tiga peniyuhan dengan mengeluarkan seni tari dan topeng, pencak silat,drum band dll. (Leko’)

Tinggalkan Balasan