Desa Ruos sukses Salurkan Bantuan BLT, tepat Sasaran Kepada Masyarakat

0
6

Penabanten.com – Buay Rawan, ifaktanews.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap Satu dan Dua Tahun 2024, mulai dari bulan Januari sampai dengan Juni, telah disalurkan kepada 68 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Ruos, Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan, pada hari Rabu 1 Mei 2024.

Penyaluran BLT tersebut dilakukan di Balai Desa Ruos dan berlangsung lancar.

Sampai saat ini, virus Covid-19 masih menjadi masalah pandemi yang hampir merata di seluruh Indonesia, termasuk Desa Ruos. Masyarakat pun mengalami dampak yang cukup besar sehingga bantuan BLT dari pemerintah sangat diharapkan oleh masyarakat.

Kepala Desa Ruos, Roli Yansah mengatakan bantuan yang diberikan memiliki tujuan agar masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu. “BLT ini adalah respon pemerintah untuk membantu warganya yang terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya Roli Yansah saat diwawancarai.

Bantuan yang diberikan ke masyarakat Desa Ruos adalah bantuan berupa uang senilai Rp.300.000 per bulan kepada KPM.

Penerima BLT tahap satu dan dua tahun 2024 disiapkan oleh, Pemerintahan Desa setempat sebelum dibagikan kepada KPM, dengan tujuan sebagai upaya untuk memperoleh data penerima bantuan agar tepat sasaran

Sebelum pelaksanaan penyaluran bantuan secara langsung, dilakukan beberapa tahapan untuk menentukan penerima BLT, yaitu verifikasi data, validasi oleh Kepala Desa beserta perangkatnya dan sosialisasi ke masyarakat.

Penyaluran BLT secara langsung dilakukan oleh Kepala Desa sebagai upaya pengawasan, agar dana yang diberikan benar-benar diterima oleh yang berhak.

Acara penyaluran bantuan BLT tahap satu dan dua tahun 2024 di Desa Ruos juga dihadiri oleh, Kepala Desa Ruos Roli Yansah, BPD, Perangkat Desa Ruos, Pendamping Desa, Kasi Kecamatan Buay Rawan Junaidi, Babinkamtibnas Fauzan , dan keluarga penerima manfaat.

Perwakilan dari Kasi Kecamatan Buay Rawan Junaidi menjelaskan bahwa, bantuan BLT tersebut adalah upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, dalam menghadapi dampak ekonomi akibat pandemic Covid-19.

Semoga masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut dalat terbantu, dan pergunakanlah uang ini dengan sebaik-baik mungkin agar tidak salah dalam menggunakannya,” jelasnya.

Setelah selesai penyaluran BLT, warga setempat yang mendapatkan dari program ini. Salah seorang penerima BLT, Amron merasa senang. “Terima kasih banyak kepada pemerintah setempat karena sudah mau memberikan bantuan ini kepada kami.

Bantuan ini sangat membantu, terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa sulit ini. Saya berharap program seperti ini akan terus ada di masa depan,” ujarnya.

Disisi lain, Zaibab juga merasa senang dengan mendapatkan bantuan ini, dan akan saya gunakan bantuan tersebut dengan sebaik mungkin untuk keperluan sehari-hari.

Dengan program disalurkan ini, masyarakat dapat terbantu untuk kebutuhan sehari-hari keluarga yang kurang mampu,” ucapnya.

Penyaluran BLT, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Ruos untuk membantu masyarakatnya. Program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi beban ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Reporter: (Rani)

Tinggalkan Balasan