Camat Cisoka Tinjau Rumah Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang di Desa Karang Harja

0
16

Penabanten.comCisoka, Kabupaten Tangerang Hujan deras yang disertai angin kencang beberapa hari ini terjadi, termasuk di wilayah Kecamatan Cisoka. Hal ini antara lain mengakibatkan adanya rumah warga yang rusak, seperti yang terjadi pada Selasa malam (27/12/2022) di Kp.Megu RT 02/01 Desa Karangharja Kecamatan Cisoka yang terjadi pada rumah ibu Aminah.

Camat Cisoka, Encep Sahayat yang mendapat informasi pada Rabu pagi (28/12/2022) langsung bergegas mendatangi dan meninjau lokasi rumah ibu Aminah.

“Kondisi rumah ibu Aminah memang sudah rapuh, kemudian hujan deras dan angin kencang,” kata Encep.

Rumah warga desa Karang Harja Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin kencang

Encep mengatakan bahwa kedatangannya untuk meninjau langsung, memastikan tidak ada korban anggota keluarga yang tertimpa dan sekaligus memberikan bantuan uang, beras dan bahan pangan pokok lainnya.
Menurut Encep, pihaknya juga sudah melaporkan dan mengajukan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang.

Ketika ditanya masih adanya rumah di wilayah Kecamatan Cisoka yang tidak layak huni dan perlu mendapat perhatian, Camat Cisoka mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya agar rumah warga yang tidak layak huni tersebut menjadi layak huni.

Dokumentasi Camat Cisok Encep Sahayat S.Pd M.Pd Kp Berikan batuan pada warga Desa Karang Harja Rusak Akibat hujan dan angin kencang

” Pemerintah, pemerintah Provinsi Banten, pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kecamatan Cisoka, maupun pemerintah desa berupaya agar rumah warga yang tidak layak huni menjadi layak huni secara bertahap, termasuk membantu sarana sanitasi jamban atau wc keluarga,” ujar Encep.

Lebih lanjut Encep memaparkan bahwa pada tahun 2022 sudah ratusan rumah tidak layak huni mendapat bantuan rumah layak huni, antara lain melalui program Bantuan Stimulan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni ( BSR2TLH) 58 unit dan tambahan 2 unit melalui Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman, Kecamatan 9 unit, program Bantuan Stimulan Perumahan Sederhana ( BSPS) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) melalui Pemerintah Provinsi Banten 41 unit, dari Bantuan Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) 2 unit, dari APBDesa masing-masing desa,.termasuk bantuan swadaya masyarakat.

” Untuk tahun 2023 kami sudah memgusulkan 177 unit, baik program BSR2TLH kawasan maupun non kawasan,” pungkas Encep ( Riska)

Tinggalkan Balasan