Bupati Melepas CJH Kloter 59 Asal Kabupaten Lebak

0
356

Penabanten.com, Lebak – Sebanyak 316 orang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lebak yang tergabung dalam Kloter 59 dilepas secara resmi oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, bertempat di Pendopo Setda Lebak, Minggu (1/8/2019)

Dalam sambutannya Bupati Lebak mengatakan, ibadah haji merupakan proses ibadah yang sangat berbeda dengan tata cara ibadah lainnya, tidak saja harus berbekal pengetahuan yang disyari’atkan sebagaimana tuntunan dalam manasik yang telah diikuti oleh CJH sebelumnya, namun juga harus memiliki kesiapan fisik dan mental.

“Hari ini, merupakan hari yang sangat berbahagia, disertai bercampur haru, karena waktu tunggu yang sekian lama kita nantikan, akhirnya dengan Ridho dan Karunia Allah SWT, para jamaah calon haji Kabupaten Lebak kloter 59 akhirnya dapat diberangkatkan guna menunaikan rukun islam yang ke lima,” ungkap Bupati Lebak.

Iti juga menambahkan, selama pelaksanaan ibadah haji, CJH akan banyak dipertemukan dengan para sahabat muslim dari berbagai belahan dunia yang sudah barang tentu memiliki perbedaan satu sama lain. Akan tetapi, menurut Iti, dengan keyakinan dan tujuan yang sama, maka para CJH kabupaten lebak, untuk senantiasa membangun rasa kasih sayang, semangat kebersamaan, untuk saling menghormati dan saling tolong menolong satu sama lain sesama umat islam, serta hindari hal-hal yang dapat mengurangi kemabruran ibadah haji jamaah.

“Pemerintah kabupaten lebak telah dan selalu berusaha untuk menyampaikan permohonan kepada bapak gubernur banten, untuk kiranya dapat menambah kuota haji pada tiap tahunnya, guna mengurangi jumlah daftar tunggu, dan kepada para jama’ah calon haji yang saat ini belum dapat berangkat, saya sampaikan permohonan maaf, disertai memohon untuk senantiasa bersabar dengan hati yang ikhlas, serta selalu memohon kepada allah swt, semoga tetap diberikan kesehatan, keteguhan dan kesabaran, sehingga pada tahun yang akan datang kiranya dapat berangkat, sebagaimana yang kita saksikan pada hari ini,” paparnya.

Diakhir sambutannya Bupati Lebak meminta kepada CJH untuk mendoakan Kabupaten Lebak agar terhindar dari segala bencana.

Sementara itu Kepala Kemenag Lebak Akhmad Tohawi dalam laporannya menyampaikan data CJH Kabupaten Lebak Tahun1440 H/ 2019 M Kloter JKG- 59 berjumlah 316 orang.

“Kita berharap jammah calon haji yang akan dilepas hari ini bisa selamat sampai tujuan dan yang terpenting adalah kita memohon kepada Allah agar ibu bapa mendapatkan kekuatan, kesehatan serta kembali ke tanah air mendapat predikat haji yang mabrur,” pungkas Tohawi.

Untuk diketahui dari total 316 orang CJH kloter 59 berdasarkan jenis kelamin adalah, laki-laki 142 Orang dan perempuan 174 orang, serta jika berdasarkan usia 21 S.d 74 tahun sebanyak 299 orang (94,62%) dan Usia diatas 74 tahun sebanyak 17 orang (5,38 %), Usia Tertua = 94 Tahun atas nama Nawasa Saridan Sarbain, warga Kampung Ranca Garut, Desa Sangiang Tanjung, Kecamatan Kalanganyar dan usia termuda yaitu 21 Tahun, atas nama Tata Wijaya Muhamad, warga Kampung Pulo, Kecamatan Banjarsari. (Gel)

Tinggalkan Balasan