Tarling Di Kecamatan Cisoka Bupati Kemukakan Capaian Konkret Visi Pembangunan Kabupaten Tangerang

0
35

Penabanten.com, kabupaten Tangerang – Pada bulan Ramadhan 1444 H, Pemerintah Kabupaten Tangerang melaksanakan kegiatan tarawih keliling ( tarling) serentak di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tangerang pada hari Rabu malam ( 05/04/2023), seperti halnya di Masjid Baitul Mu’minin, Kp. Popojok RT 013/004 Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka.

Tarling diikuti oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM) dan jamaah masjid Baitul Mu’minin, baik jamaah laki-laki maupun perempuan. Hadir pula ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI ), Ketua Unit Pengumpul Zakat ( UPZ ), ketua Dewan Masjid Indonesia ( DMI ) kabupaten.Tangerang dan ketua DMI Kecamatan Cisoka,pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an ( LPTQ), perangkat Desa Cisoka, unsur dari Komando Rayon Militer Cisoka, Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA ), sekretaris dan para kepala seksi serta staf Kecamatan Cisoka, dan Camat Cisoka.

Bupati Tangerang, A.Zaki Iskandar, dalam sambutan yang dibacakan Camat Cisoka, Encep Sahayat mengatakan bahwa kegiatan atau ritual keagamaan ibadah tarling merupakan hal yang penting untuk menyempurnakan puasa, meningkatkan keyakinan dan keimanan dan juga bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan kualitas kemasyarakatan secara keseluruhan.

“Kegiatan ibadah puasa dan ibadah tarawih yang kita lakukan saat ini tentunya berkesesuaian dengan visi pembangunan Kabupaten Tamgerang, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang religius, cerdas, sehat dan sejahtera,” ujarnya.

Lebih lanjut dikemukakannya bahwa visi religius, secara konkret, pemerintah Kabupaten Tangerang telah mengimplentasikannya dalam program unggulan Tangerang Religi dalam bentuk pemberian insentif guru ngaji yang pada tahun 2023 mencapai 17.875 orang, program baca tulis qur’an ( BTQ) mencapai 30.000 siswa, program sanitasi pondok pesantren ( ponpes) 646 ponpes, dan program pembinan pola hidup bersih dan sehat bagi ponpes sebanyak 436 ponpes.

Untuk visi cerdas melalui program unggulan Gerakan Sekolah.Menyenangkan ( GSM ) yang terinci dalam bentuk program pembangunan gedung sekolah, pada tahun 2023 mencapai 15 gedung, tambahan ruang kelas mencapai 480 ruang kelas, rehabilitasi bangunan sekolah tahun 2023 mencapai 694 bangunan, dan untuk beasiswa bagi masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR ) yang berprestasi mencapai 6.590 siswa.

Untuk visi sehat dalam upaya memperkuat sistem kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat dalam program unggulan Gerakan Tangerang Sehat yang terinci dalam bentuk program kemitraan bagi pasien kurang mampu ( jamkesda ), sampai dengan tahun 2023 ditargetkan akan mencapai 34.537 orang, bagi pasien BPJS PBI ditargetkan mencapai 120.000 orang. Kemudian penurunan prevalensi stunting pada tahun 2023 ditargetkan menurun menjadi 4 %.
Selain itu, dalam hal pemenuhan Universal Health Coverage ( UHC), Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan sebesar 99 % jumlah penduduk akan terlayani pada akhir tahun 2023. Kondisi di bulan Maret 2023 sudah mencapai 98,35 % jumlah penduduk.

Program unggulan lainnya yaitu program Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat, Kumuh dan Miskin ( Gebrak Pakumis) yang setiap tahunnya dibangun minimal 1.000 rumah bagi MBR.

Untuk visi sejahtera, mencakup upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk memperkuat ekonomi lokal dengan menforong pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil dan menengah serta memberikan dukungan kepada petani dan nelayan.
Secara konkret telah dimplementasikan dalam program unggulan Tangerang Mandiri Tahan Pangan ( Tangerang Mantap) yang terinci dalam bentuk program peningkatan produksi holtikultura di kawasan agropolitan yang pada tahun 2023 ditargetkan mencapai 4.174 ton.
Kemudian program peningkatan sarana dan prasarana produksi pertanian di kawasan agropolitan, sampai dengan tahun 2023 ditargetkan mencapai 54 jenis, program peningkatan luasan pertanian yang diberikan bantuan, sampai tahun ini ditargetkan mencapai 689 hektar. Program peningkatan luas lahan pertanian pangan berkelanjutan, tahun ini ditargetkan mencapai 13.930 hektar, serta program peningkatan lahan pertanian berkelanjutan yang terlayani irigasi mencapai 14 daerah irigasi.

Program unggulan lainnya yaitu program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai ( Gerbang Mapan) yang secara monumental telah menghasilkan kawasan “Ketapang Urban Aquaculture” yang saat ini telah menjadi tempat pembelajaran yang terintegrasi antara sektor ekonomi, infrastruktur dan lingkungan hidup yang bukan saja berskala nasional, bahlan berskala internasional.

Pada sektor infrastruktur, beberapa kegiatan besar sedang dilaksanakan, seperti pembangunan fly over Cisauk, under pass Bitung, pembangunan smart building, pembangunan sport center dan juga pembangunan Balai Latihan Kerja ( BLK).

“Kita percaya bahwa jika kita semua bekerjasama dan berkomitmen untuk mewujudkan visi pembangunan ini, maka Kabupaten Tangerang akan menjadi Kabupaten yang lebih baik dan lebih gemilang,” pungkasnya.

Pada kegiatan tarawih keliling tersebut juga diserahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana Masjid Baitul Mu’minin yang diterima prngurus DKM secara simbolis .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here