RSUD Tigaraksa Gelar Donor Darah, Penuhi Ketersediaan Darah di Kabupaten Tangerang

0
5

Penabanten.com РTigaraksa,  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tigaraksa Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang kembali menggelar Bakti Sosial Donor Darah, bertempat di Lantai 1 Gedung Pelayanan RSUD Tigaraksa, Rabu (08/05/2024).

Plt. Direktur RSUD Tigaraksa dr. Muhammad Faridzi Fikri, MKM saat menyampaikan, kegiatan ini digelar guna menyambut hari raya Idul Adha dan memenuhi ketersedian darah. Para ASN dan masyarakat pun diajak untuk ambil bagian dalam gerakan kemanusiaan ini.

Kegiatan bakti sosial donor darah ini dilakukan bersama Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang.

“Allhamdulillah RSUD Tigaraksa melalui kegiatan donor darah ini sudah berhasil mengumpulkan lebih dari seratus kantong darah yang disimpan di UDD PMI Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya telah mempublikasikan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi sebagai pendonor dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi SiDoni yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store pada ponsel masing-masing. Hal ini tentunya juga sebagai bentuk sosialisasi hadirnya RSUD Tigaraksa sebagai RSUD baru dan Ke-4 di Kabupaten Tangerang.

Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi akses layanan donor darah bagi masyarakat serta pegawai Pemkab Tangerang, sehingga nantinya dapat membantu PMI Kabupaten Tangerang dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Tangerang yang cukup tinggi.

“Harapannya kegiatan ini menjadi kegiatan yang kami laksanakan dua bulan sekali secara rutin di RSUD Tigarakasa, sehingga dapat mendekatkan akses layanan donor darah bagi masyarakat Tigaraksa dan sekitarnya serta para pegawai pemerintahan di lingkup Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang yang ingin mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Salah seorang pendonor, Tony Tristan mengungkapkan kebanggaannya sebagai pendonor pemula. Dirinya juga mengaku cukup antusias dengan digelarnya kegiatan donor darah ini.

Ia berharap RSUD Tigaraksa bisa menjadi fasilitas kesehatan terbaik di wilayah ibukota Kabupaten Tangerang, sehingga warga sekitar tidak perlu jauh mencari fasilitas kesehatan seperti rumah sakit milik pemerintah.

“Pengalaman saya ini tanpa paksaan, ini pertama kali saya melakukan donor darah. Insyaallah mudah-mudahan saya rutin ikut donor darah agar badan semakin sehat,” ungkap Tony yang bekerja sebagai ASN Pemkab Tangerang.

Tinggalkan Balasan