Kemanusiaan tak Kenal Batas, Ala Dirpamobvit Polda Banten, Menembus Kota Depok

0
23

Penabanten.com, Kota Depok — Kemanusiaan tak kenal batas-batas wilayah, apalagi sekadar batas wilayah administrasi daerah.

Hal itu kembali dibuktikan Edy Sumardi Priadinata dan keluarga, Kamis pagi (13/4/23) di Buana 4 Residence Rt.4/Rw. 6 Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Daerah ini berbatasn langsung dengan wilayah selatan Ibu Kota Jakarta, selain juga dengan Tangerang Selatan (Banten).

Menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah, Kombes Pol. Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H. dan keluarga hari itu mentipkan “tali asih” untuk tujuh pekerja kebersihan kawasan tersebut dan seorang buruh antar air mineral.

Mereka itu, Regu I yakni Sandi, Fendi, Panjol, Alex, serta Regu II terdiri atas Farid, Jalu, dan Ricky, serta buruh antar air mineral Mas Ito.

“Jangan dilihat nominalnya, tapi perhatiannya atas sesama”, kata Suryadi, M.Si dan Helsi Dinafitri Nusjirwan Badwi , M.I.Kom saat mewakili Edy menyerahkan tali asih.

Kombes Edy adalah seorang pamen yang sehari-hari bertugas sebagai Direktur Pengamanan Objek Vital (Dir Pamobvit) Polda Banten.

“Ini sudah pesan orangtua saya dan keyakinan saya tentang kemanusiaan. Soal kemanusiaan, pesan Ayah saya, di mana pun kita berada, perhatikanlah nasib sesama”, kata putra seorang purnawirawan bintara TNI AL itu melalui video call.

Amanah orangtua dan keyakinan itu senantiasa ia pegang kokoh dan jalankan, mulai awal ia lulus Akpol (1996) bertugas di Sulawesi Selatan. Kemudian, di Riau dan sejak lima tahun lalu di Polda Banten.

Di Polda Banten, ia memulai tugas sebagai Kabid Humas yang berprestasi dan mendapat perhatian langsung Kapolri waktu itu, Jenderal Tito Karnavian.

Terkait kemanusiaan, beberapa waktu lalu seketika mendapat kabar bahwa dua orang yang ia kenal menderita sakit berat, langsung Edy dan keluarganya mengirimkan bantuan.

Ia tak mau menceriterakan bagaimana ia memperoleh informasi tentang kedua kenalannya yang sakit berat itu dalam keterbatasan kemampuan finansial.

Diketahui, keduanya tinggal di Kabupaten Tangerang (Banten) dan Depok. “Peduli tidak harus tunggu berlebih. Sekecil apa pun, itu lah kepedulian akan kemanusiaan”, kata Edy.

Warga Banten sangat mengenal kegiatan “Jumat Barokah” yang diselenggarakan Polda Banten sejak lima tahun lalu ketika Edy mulai menjadi Kabid Humas.

Program bernafaskan keagamaan dan berbasis kultural itu, kian mendapat atensi besar ketika sejak Januari 2021 Polda Banten dipimpin Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H.

Rudy yang bertugas sejak 5 Januari 2021 hingga kini di Banten, menggulir program yang semuanya bernafaskan keagamaan dan berbasis kultural setempat. Programnya 12 Highlightnya dikenal dengan PENDEKAR (Polisi yang Ngayomi dan Dekat dengan Rakyat) BANTEN.

Hingga kini Polda Banten setiap pekan jelang solat Jumat, dipimpin Kombes Edy bersama anggotanya konsisten menjalankan kegiatan “Jumat Barokah”.

Mereka membagi-bagikan bingkisan kepada antara lain pekerja kebersihan, buruh angkut, penarik beca, ojek pangkalan, dan sopir angkot. (Man)

Tinggalkan Balasan