” FORUM KONSULTASI PUBLIK ” PENDATAAN AWAL REGSOSEK DI PEKON SUKARATU, PAGELARAN, PRINGSEWU”.

0
81


Penabanten.com Pringsewu – Pekon Sukaratu,Selasa (2/5/2023) dimulai pukul 09.00 WIB bertempat di Lumbung ketahanan pangan dusun tirto sari 1 pekon sukaratu diadakan Forum Konsultasi Publik sebagai sarana verifikasi ulang hasil dari pelaksanaan Regsosek tahun 2023. Acara dibuka oleh kepala pekon ( Kakon) Sukaratu Bapak Herli Yasid S.pd.yang juga sebagai fasilitator / narasumber , didampingi oleh Asisten Fasilitator 1 Pak Sigit dan Asisten Fasilitator 2 pak jalil , serta admistator Bapak Ahmad. Peserta yang hadir dalam FKP ini terdiri dari 9 ketua RT sekaligus sebagai validator , Babinsa & Babinkamtibmas Pekon Sukaratu serta 2 orang tokoh masyarakat.

Tujuan utama dari FKP adalah memperoleh daftar keluarga yang sudah diverifikasi kelompok kesejahteraannya dan disepakati bersama. Kesepakatan yang melibatkan masyarakat ini sebagai bentuk transparansi, kontrol sosial serta untuk meningkatkan kualitas data. Hasil FKP sebagai dasar dalam penentuan kelompok kesejahteraan keluarga hasil pendataan awal Regsosek sekaligus rekomendasi untuk pemutakhiran data selanjutnya.

Dalam acara FKP ini ketua RT serta peserta yang hadir melakukan verifikasi kebenaran hasil dari hasil regsosek 2022 tentang kategori kelompok kesejahteraan warga yang berada diwilayahnya yaitu :

  1. Kode 1 Sangat Miskin
  2. Kode 2 Miskin
  3. Kode 3 Rentan Miskin
  4. Kode 4 Tidak Miskin

Dan juga ketua RT bisa menambahkan data jika ada warganya yang tidak terjaring dalam pendataan REGSOSEK 2022 ataupun merubah katagori warga jika tidak sesuai dengan data riel dilapangan khusus untuk merubah kategori satu ke 2 . Namun bila perubahan kategori dari 1 ke 4 , maka ketua RT wajib berumbuk dengan 3 pilar dan tokoh masyarakat setempat. Sehingga dengan hasil Verfikasi ulang oleh Ketua RT, Tokoh Masyarakat , Babinsa & Babinkamtibmas didapatkan satu data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, acara berlangsung dengan lancar dan berakhir pukul 21.00 wib malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here