Eksponen Pemuda Terkait Proyek Jakamantul Desa Sukawaris-Tanjungan, Cikeusik Pandeglang

0
52

penabanten.com, Pandeglang – Proyek pekerjaan pembangunan (Betonisasi) jalan di Desa Sukawaris-Tanjungan, Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang dengan nilai kontrak lebih dari Rp1,2 milyar yang dikerjakan oleh CV. Sinar Cibaliung Utama sebagai kontraktor pelaksana sejak awal diduga sudah bermasalah.

Pertama, CV. Sinar Cibaliung Utama sebagai pemenang lelang dengan no. Kontrak: 620/24/SP/RJ/DPUPR-BM/2022 dengan jangka waktu pekerjaan 120 hari kalender tidak segera memulai pekerjaan.

Pekerjaan baru dimulai setelah lebih dari 2 bulan pasca kontrak ditandatangani ( tanggal kontrak: 13 Januari 2022), itupun setelah mendapat teguran dan pemanggilan dari Dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat melalui bidang bina marga seperti yang disampaikan kepala dinas PUPR Kabupaten Pandeglang kepada Anggota DPRD Pandeglang, saudara Yangto SH.

Kedua, alasan yang disampaikan akan penundaan pekerjaan tidak masuk akal, dimana perwakilan CV Sinar Cibaliung Utama saudara Andri menyebutkan bahwa pekerjaan menunggu Curah hujan berkurang, padahal pekerjaan serupa di Pandeglang tetap dilaksanakan.

Ketiga, Saat pekerjaan dilaksanakan (saat ini) dilokasi pekerjaan tidak ada pihak pelaksana (minimal ada tenaga ahli) yang melihat dan mengawasi proses pekerjaan dilakukan (pengecoran), yang ada hanya tenaga kerja biasa/buruh kasar.

Dengan kondisi demikian: 1. Patut diduga pemenang lelang tidak mempunyai tenaga ahli sesuai yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan. 2. Diduga sejak awal proses lelang pekerjaan tidak sesuai dengan aturan yang semestinya.

Untuk itu kami meminta 1. Black list CV Sinar Cibaliung Utama agar menjadi contoh bagi kontraktor lainnya supaya tidak main-main dengan proyek yang ada di Pandeglang. 2. Meminta inspektorat kabupaten Pandeglang agar melakukan audit terhadap semua proyek jakamantul di Kabupaten Pandeglang khususnya Kecamatan Cikeusi dimulai dari proses lelang 2. Aparat penegak hukum agar melakukan penyelidikan dan penyidikan atas dugaan adanya pemalsuan berkas persyaratan yang dibutuhkan perusahaan untuk ikut proses lelang/tender.

Pandeglang, 22 April 2022

Nurjaya Ibo
-Kordinator Utama Eksponen Pemuda
-Kordinator Aliansi Masyarakat Anti Korupsi Banten (Amati Banten)

Tinggalkan Balasan