DPRD Kabupaten Tangerang Menggelar Paripurna Jawaban Bupati LKPJ TA. 2020 Atas Pemandangan Umum Fraksi

0
8

Penabanten.comTangerang, DPRD Kabupaten Tangerang Menggelar paripurna jawaban Bupati Tangerang mengenai Pandangan Umum Fraksi terhadap nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020, Kamis (25/03/21)

Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh fraksi yang telah memberikan perhatian yang begitu besar terhadap pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tangerang.

“Hal ini terlihat dari hasil pembahasan yang dituangkan ke dalam pandangan umum fraksi-fraksi yang telah disampaikan pada beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemandangan Umum Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera,Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Begitu juga pandangan dari Fraksi Partai Amanat Nasional terhadap LKPJ Tahun 2020, secara garis besar menitikberatkan kepada beberapa hal antara lain, upaya memulihkan ekonomi dan sosial masyarakat Kabupaten Tangerang, efisiensi dan efektivitas Pendapatan dan Belanja Daerah juga pelayanan publik.

Dari pandangan umum fraksi-fraksi tersebut, maka dapat dijelaskan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2020 yang merupakan tahapan kedua dalam mencapai target Visi dan Misi pada RPJMD sampai dengan tahun 2023, secara berkelanjutan akan terus ditingkatkan melalui program prioritas dan program unggulan yang telah ditetapkan.
  2. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tangerang. Pembangunan manusia dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu Pendidikan, Kesehatan dan kesejahteraan yang secara umum memberikan kontribusi dalam peningkatan produktivitas. IPM Kabupaten Tangerang pada tahun 2020 mencapai angka 71,92, akan tetapi masih harus terus diupayakan untuk dioptimalkan.
  3. Penyerapan belanja daerah senantiasa direalisasikan dan dioptimalkan dengan pemanfaatan belanja yang efisien dan efektif, sehingga diupayakan dan didukung oleh perencanaan dan pengendalian yang akuntabel, akan tetapi masih adanya SILPA juga disebabkan pelampauan target Pendapatan Asli Daerah.
  4. Pelayanan publik di Kabupaten Tangerang terutama pada sektor pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, infrastruktur jalan dan pelayanan umum lainnya terus dievaluasi dan dioptimalkan dalam rangka peningkatan aksesibilitas masyarakat melalui peningkatan sarana prasarana pendukung, peningkatan kapasitas aparatur dan sistem manajemen Pemerintah Daerah untuk menunjang pelayanan publik.

(DISKOMINFO Kabupaten Tamgerang / Riska)

Tinggalkan Balasan