Dialog Wawasan Kebangsaan, H. Umar Barmawi Kunjungi Pesantren Al-Qur’an Bani Salim

0
6

Penabanten.com, Serang – Wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan serta kaitannya dalam intoleransi terutama di wilayah Provinsi Banten demikian dikatakan H Umar Barmawi anggota DPRD Provinsi Banten fraksi PKB dalam acara Dialog Wawasan Kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Bani Salim, Keramat watu – Kabupaten Serang, Rabu (31/032021).

Acara dialog wawasan kebangsaan ini dihadiri seluruh jajaran pengurus PKB Kabupaten Serang, alim ulama dan tokoh masyarakat di sekitar Kecamatan Waringin kurung, Kecamatan Keramatwatu dan Kecamatan Gunung sari.

Kata Umar, Wawasan kebangsaan mengembangkan persatuan Indonesia sedemikian rupa sehingga asas Bhinneka Tunggal Ika dipertahankan, dan tidak memberi tempat pada patriotisme yang licik, dimana pemerintah juga terus lakukan edukasi ke masyarakat gimana pentingnya kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa, ujarnya.

“Karena dalam meraih kemerdekaan Nenek moyang kita bersatu dari seluruh komponen bangsa tanpa memandang agama, ras dan suku. Komitmen kita sudah jelas bahkan ulama terdahulu menanamkan hubbul wathan minal iman, ” sambung Umar.


Masih kata Umar, jamannya digitalisasi sekarang ini dimana pintu informasi terbuka lebar maka kita harus berhati-hati harus bisa memilah informasi mana yang hoax dan mana yang bukan hoax, jangan sampai kita menerima informasi tanpa di saring sehingga mempengaruhi pola berfikir dan ideologi kita.

“Kita harus mengutuk keras kejadian peledakan bom bunuh diri di gereja Katedral di Makassar, karena itu sudah mencederai nilai-nilai Agama Islam dan nilai-nilai kebangsaan dimana islam adalah agama yg cinta damai, agama yang rahmatan Lil ‘alamin, ” tegasnya.

Untuk itu lanjut H. Umar, kita harus kembali hidupkan majelis-majelis ilmu di masyarakat agar generasi penerus kita bisa memahami tentang pentingnya nilai nilai keagamaan dimana didalam ajaran agama kita itu mengajak bukan mengejek, merangkul bukan memukul, mari kita kembali pada ajaran Rasulullah Saw, saling mencintai umat manusia apapun suku dan agamanya sebagai hablum minannaas, karena ketika hablummina Allah itu sudah ada aturan nya dalam lakum dinukum wal liyadin, tutupnya.


Kiyai Ma’ruf pimpinan Pondok Pesantren Bani Salim mengungkapkan rasa bangga dan terimakasih atas kunjungan H. Umar Barmawi Sekretaris Fraksi PKB Provinsi Banten sekaligus Sekretaris wilayah DPW PKB Banten yang datang dan berdialog tentang wawasan kebangsaan karena dengan wawasan kebangsaan yang dilandasi oleh pandangan hidup Pancasila, bangsa Indonesia telah berhasil merintis jalan menjalani misinya di tengah-tengah tata kehidupan di dunia dimana NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju, tandasnya.

Acara dialog wawasan kebangsaan ini dihadiri seluruh jajaran pengurus PKB Kabupaten Serang, alim ulama dan tokoh masyarakat di sekitar Kecamatan Waringin kurung, Kecamatan Keramatwatu dan Kecamatan Gunung sari.
(Taty)

Tinggalkan Balasan