Awasi Lonjakan Harga Dan Ketersediaan Pangan Menjelang Idul Fitri 1442 H, Pemkab Tangerang Akan Lakukan Monitoring

0
5

Penabanten.comTangerang, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tangerang melakukan Rapat Koordinasi Persiapan Monitoring Pasar/Swalayan menjelang Idul Fitri 1442 H, kegiatan ini digelar di Ruang Rapat Solear Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang Banten, Kamis (29/04/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tangerang, Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Diskominfo Kabupaten Tangerang, Kanit ekonomi Polresta Kabupaten Tangerang, Bulog cabang Banten, Rapat ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tangerang Drs. H. Yusuf Herawan menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pokok menjelang Idul Fitri 2021.

Selain itu, rapat ini juga membahas langkah antisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga dan penimbunan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 mendatang, TPID Kabupaten Tangerang nantinya akan melakukan monitoring harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional dan modern, dan nantinya juga akan memantau ketersediaan stok bahan pokok di tingkat distributor.

“Untuk beberapa hari kedepan kita akan melakukan monitoring langsung, gunanya untuk mengantisipasi lonjakan harga dan penimbunan bahan pokok, kita juga akan melibatkan Loka POM dan dinas instansi terkait seperti Satpol PP dan Polres,” pungkas Yusuf.

Sementara itu, Plt. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang Hj. Nurjannah Endah Rahayu, SE, MM menerangkan, TPID Kabupaten Tangerang akan terus memantau lonjakan kenaikan harga bahan pokok di Kabupaten Tangerang.

“Kami belum bisa memastikan untuk lonjakan harga kedepannya bagaimana, mengingat ini mendekati Hari Raya (Idul Fitri), akan tetapi kami dari TPID akan menjaga jika terjadi lonjakan harga, lonjakan harga itu tidak terlalu tinggi,” ujar Endah.

Endah juga melanjutkan, untuk stok ketersedian bahan pokok di Kabupaten Tangerang masih aman mulai dari stok beras hingga gula pasir, untuk stok masih aman ya, mulai dari bulog, petani, dan dari distributor insyaallah aman,” lanjutnya.

Endah berharap, masyarakat di Kabupaten Tangerang dapat membeli bahan pokok yang diperlukan dengan aman karena stok tersedia, dan bisa membeli dengan harga terjangkau, mengingat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri adalah bulan yang penuh rahmat serta berkah bagi umat islam.

(IKP Diskominfo/ Ris)

Tinggalkan Balasan