Bacakades Incumben Wajib Bebas Temuan

0
22

Penabanten.com, Lebak – Nasib Bakal calon Kepala Desa (Bacakades) Incumben pada kontestasi Pemihan Kepala Desa (Pilkades) putaran pertama di Kabupaten Lebak, dipersyaratkan bebas dari ganjalan temuan atas penggunaan anggaran, aset Desa serta sejumlah kendala kepemimpinan lainnya, yang berpotensi merugikan keuangan daerah dan negara.

Ditegaskan, Halson Nainggolan, Kepala Insfektorat Kabupaten Lebak saat dihubungi menegaskan, bahwa pihaknya siap menerima dan meresfon adanya laporan dan pengaduan masyarakat, terkait temuan kinerja Bacakades Incumben di Lebak, yang terindikasii bermasalah dalam kepemimpinannya.

” Segera sampaikan laporan dan pengaduannya pada kami (Insfektorat-Red). Jika terbukti,dalam hal ini, kami akan bersikap tegas,” katanya, pada Penabanten.com, Kamis (24/7) kemarin.

Menurutnya, persyaratan bakal calon Kades sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup), termasuk Incumben yang mana mereka harus bebas temuan. Jika lolos, maka Insfektorat akan berlaku objektif dalam mengeluarkan Surat keterangan (Suket) bebas masalah bagi setiap Bacakades.

“Ya, secara administratif, setiap Bacakades Inumben harus bebas temuan. Jika lolos Suket bebas masalah tersebut akan kami keluarkan, namun lain halnya jika adanya laporan dan pengaduan masyarakat, yang menguatkan adanya bukti-bukti soal temuan atas kinerja Incumben selama lima tahun itu,” tegas Halson.

Terpisah, Ayi M Ikhsan, salah seorang pengurus Badan Perwakilan Desa (BPD) Kaduagung Timur Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, mengungkapkan dirinya sangat mengafresiasi langkah tegas dan pengetatan persyaratan oleh Insfektorat Lebak, khususnya bagi Bacakades Incumben.

” Kami mendukung dan mengafresiasi langkah pengetatan persyaratan oleh Insfektorat Lebak. Khususunya terkait rekomendasi bebas temuan, baik temuan anggaran maupun kebijakan kepemimpinan Bacakades Incumben, yang berpotensi merugikan keuangan daerah dan negara. Dirinya berharap, jika terbukti ada penyimpangan, sebaiknya Insfektorat tidak neko-neko, yaitu dengan tidak merekomendir hasrat politik Bacakades Incumben itu,” terangnya. (Yans).

Tinggalkan Balasan